Persiapan untuk menghadapi tahun baru


Sebenarnya ini tulisan lama dari mas safir, tetapi kelihatannya masih relevan untuk di postingkan di blog ini. Tetapi ga apalah, konsepnya sama dari tahun ke tahun and sekaligus untuk tahap pembelajaran kita. Menurut sang Empu pakar keuangan ini. Ada yang harus dipersiapkan dalam menghadapi tahun baru. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan. let go..
1. Pertimbangkan untuk melakukan investasi di perbankan,
2. Tunda dulu mengambil kredit paling tidak hingga suku bunga turun,
3. Cari sumber penghasilan baru

Mari kita bahas satu persatu.
1. Pertimbangkan untuk melakukan investasi di perbankan
Kalau Anda perhatikan, harga BBM yang terjadi hingga 2 kali tahun 2005 kemarin membuat harga barang dan jasa di sektor lain naik. Ini membuat pemerintah memutuskan untuk menarik uang yang ada di masyarakat ke dalam sektor perbankan. Caranya adalah dengan menaikkan suku bunga simpanan.
Nah, kalau suku bunga simpanan naik, ini berarti ujung-ujungnya Anda juga yang diuntungkan. Kenapa? Karena kalau Anda memasukkan uang ke deposito, maka Anda akan mendapatkan bunga yang lebih besar. Lumayan kan? Itulah kenapa, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memasukkan uang ke bank. Bukan hanya untuk disimpan dalam tabungan, tapi juga untuk diinvestasikan, yaitu ke dalam deposito. Ayo, jangan lama-lama. Pergi sekarang juga ke bank. Oke?

2. Tunda dulu mengambil kredit paling tidak hingga suku bunga turun
Nah, kalau suku bunga simpanan naik, biasanya suku bunga pinjaman juga naik. Mereka kan beberapa poin diatas bunga deposito. Ya kan? Karena itu, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk meminjam dana ke bank, coba pertimbangkan lagi baik-baik. Suku bunga sekarang lagi naik, artinya, kalau Anda meminjam uang ke perbankan, biaya yang harus Anda bayar sedang tinggi-tingginya. Enggak hanya suku bunga kredit untuk usaha, untuk konsumsi juga sama. Itulah kenapa, kalau Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sesuatu secara kredit padahal Anda punya uang tunai untuk membelinya secara cash, saran saya, beli saja cash. Jangan lupa, sekarang banyak penjual rumah atau penjual kendaraan yang banting harga karena pembeli mereka yang membeli secara kredit berkurang. Jadi, kenapa tidak Anda manfaatkan kalau Anda punya uang cash-nya.


Yang ketiga silahkan baca link dibawah ini
Persiapan untuk menghadapi tahun baru 2006 dan seterusnya