Khasiat daun seledri untuk kesehatan



Seledri
Gambar. Pohon Seledri

Seledri adalah jenis sayuran-sayuran yang indah, enak rasanya dan berkhasiat membangkitkan nafsu makan. Hampir-hampir tidak ada satu dapur pun yang luput dari jenis sayuran satu ini. Oleh karena itu, tanaman ini dinamakan dengan julukan “tuannya dapur”. Ia banyak terdapat di sebagian besar negara-negara di dunia. Ia dikenal betul oleh mayoritas penduduk dunia ini. Tanaman ini dapat dimanfaatkan secara langsung atau dikonsumsi bersama sayuran yang lain.
Seledri mempunyai kandungan vitamin B dan A dalam kadar yang cukup tinggi, bermanfaat bagi kesehatan mata dan berkhasiat menguatkan stamina tubuh dalam hubungan seksual. Di dalam tanama seledri ini juga terkandung unsur-unsur ; kalium, potasium, zat besi, sulfur (belerang) dan fosfor. Oleh itulah tanaman seledri ini termasuk diantara salah satu zat pengingkat aktivitas tubuh dan otak yang paling signifikan. Ia juga pembaharu sel-sel dalam jaringan tubuh, pembangkit nafsu makan, peningkat produksi air kemih, penyebab keluar keringat lancar, pereda panas dalam tubuh, melnacarkan darah haid, pembersih tubuh dari berbagai racun, berkhasiat dalam menyembuhkan macam-macam penyakit organ hati, sakit kuning dan gangguan pada limfa.
Diantara khasiat-khasiat Seledri
Disebutkan di dalam Kitab At-Tadzkirah karya Dawud Al-Anthaki bahwa seledri itu dapat digunakan sebagai peralatan kosmetika untuk memperoleh kulit (epidermi) wajah yang segar bercaahaya, dengab cara merebus kira-kira segenggam seledri dalam satu liter air,  selama kurang lebih 15 menit, kemudian digunakan sebagai pembersih wajah pada pagi dan sore hari dalam keadaan yang masih hangat. Membersihkan wajah 2 kali sehari dengan air rebusan seledri atau perasan bisa berkhasiat untuk mengobati jaerawat dan bintik-bintik di wajah.
Untuk lebih jelas khasiat daun seledri dapat didownload link dibawah ini
Khasiat daun Seledri untuk Kesehatan