Ada tiga hal yang harus dijalan untuk memulai usaha

Belajar dari kegagalan merintis usaha, kami mulai mencari sebab-sebab mengapa ini terjadi. Meskipun ini tantangan bagi kita seorang intrepreneur yang penuh tantangan. Lama kami mencari hal ini, memang dunia usaha penuh tantangan. Saran bagi anda yang tidak mau "ngoyo" alias REKOSO dalam hidup lebih baik anda cari di posisi aman aja. Tetapi bila anda jadi bengal dan keras kepala masuk di dunia usaha ini, saya akan acungi jempol.... he he he....Karena salah satu yang mengurangi pengangguran di masyarakat kita ya.. Adalah munculnya wirausaha..Itulah mengapa saya acungi jempol. Bukan berarti yang masuk di dunia pegawai, PNS dan lain-lain ga ngetop, Tetap top juga, alias bagus. Jika pegawai-pegawai ini mengerti konsep wirausaha.. halah sok tahu aja...OK langsung ke TKP. 

Menurut mas Safir, ada 3 hal yang penting dalam menjalankan usaha. JIka ketiga hal ini kita jalankan dengan sungguh-sungguh dan rutin, bisa meminimalisir tingkat kegagalan kita. Apa itu, let go..

1. Kreatif Mencari Sumber Modal
Ini yang penting, Sumber modal. Di sini modal bukan berarti harus dalam bentuk uang, tapi bisa yang lain seperti Keluarga dan sahabat terdekat, Teman yang baik (bisa diajak patungan, atau pinjam modal. lumayan tanpa bunga kalau temannya mau gitu..) Mungkin ada cara lainnya.. Pokok nya untuk masalah modal ini kita harus dilatih kreatif dan sopan untuk mencari modal untuk usaha kita.

Alternatif lainnya, cobalah meminjamkan uang dari kerabat dekat atau sahabat terdekat. Karena umumnya mereka telah mengenal Anda dan memahami tujuan Anda untuk membuka usaha. Maka bisa jadi mereka rela memberikan pinjaman uang dengan bunga di bawah bunga bank atau malah tanpa bunga.Tapi ingat, meski saudara, yang namanya meminjam sesuatu tetap harus dikembalikan, termasuk meminjam uang. Jangan sampai malah hubungan Anda dengan kerabat atau sahabat jadi rusak nantinya garagara masalah uang.

2. Lokasi dan SDM
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha. Ada usaha yang cocok didirikan di suatu lokasi, tapi enggak cocok di tempat lain. Usaha warnet dan fotokopi mungkin sesuai untuk lingkungan di sekitar kampus, tapi membuka toko kelontong mungkin akan lebih cocok untuk daerah pemukiman. Karenanya, lakukan survei untuk mencari tempat yang sesuai bagi usaha Anda.

Amati kondisi pasarnya, potensi permintaannya, dan jangan lupa cari juga informasi tentang bagaimana prospek perkembangan daerah itu kedepannya, karena hal ini bisa sangat mempengaruhi usaha Anda. Faktor lain adalah sumber daya manusia (SDM). SDM menjadi sangat penting karena hal inilah yang akan menggerakkan usaha Anda seharihari nantinya. Bila Anda memulai usaha ini sendirian mungkin enggak akan terlalu jadi masalah. Tapi, kalau Anda merekrut pegawai dalam usaha Anda, maka Anda harus memperhatikan masalah kepribadian dan kemampuannya. Kalau pegawai Anda akan berhadapan langsung dengan pelanggan Anda, pilihlah orang yang sopan dan ramah. Seorang klien saya misalnya, mempunyai sebuah usaha toko kelontong. Ketika dia menjaga sendiri tokonya, pelanggannya sangat banyak. Tapi, ketika pegawainya yang disuruh menjaga toko, pelanggannya mulai berkurang.

Yang ketiga adalah.....ane sengaja ga nulis gan. wes ngantuk. Download aja ebook dibawah ini aja, full dari mas Safir