Khasiat bawang bakung bermanfaat sekaligus juga berbahaya



BAB : BAWANG BAKUNG
Bermanfaat juga berbahaya

Bawang bakung

Tanaman bawang bakung memiliki (beragam jenis) dengan bentuk dan aroma yang serupa. Banyak tersebar di tengah-tengah masyarakat, jarang digunakan karena aroma tidak sedapnya yang menusuk tajam. Nama Arab tanaman bawang bakung ini adalah “qarthun”. Ia dapat dikonsumsi mentah-mentah , namun dimakan bersama lalapan. Juga dapat dikonsumsi dengan cara dimasak bersama sayur-sayuran yang lain. Dan biasanya kaum perempuan lebih menyukai tanaman bawang bakung ini daripada kaum laki-laki.

Bawang bakung di dalam ilmu kedokteran ala nabi SAW

Terdapat hadist yang tidak benar, bersumber dari Rasululloh SAW seputar khasiat bawang bakung ini, bahkan hadis tersebut batil dan maudhu;
Barang siapa yang mengkonsumsi bawang bakung, kemudian tidur setelahnya, maka ia akan tidur dalam keadaan (selamat) dari penyakit wasir dan malaikat akan mengingkir darinya, karena bau mulutnya hingga ia bangun di pagi harinya”.

Bawang bakung adalah tanaman Nabthiy dan syamiy. Nabthiy adalah sayuran yang diletakkan di atas meja makan, sedangkam syamiy adalah sayuran yang mempunyai siung, seperti butir bawang. Bawang bakung bersifat panas , kering dan membuat kepala pening. Apabila ia dimasak, kemudian dimakan dan diminum air rebusannya, akan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit wasir. Kalau bijinya ditumbuk halus dan dicampur dengan minyak tir kemudian diasapkan pada gigi geraham yang sakit, ia akan berkhasiat menghilangkan penyakit itu, mengeluarkan dan meredakan meredakan rasa sakit. Khasiat ini semua terdapat dalam bawang bakung AnNabthiy.

Adapun di antara efek-efek negatif bawang bakung merusak gigi dan gusi, membuat kepala menjadi pusing, mengakibatkan halusinasi dan mimpi-mimpi buruk, mengkaburkan pandangan mata, membuat bau taksedap pada mulut. Meski demikian di dalamnya terdapat zat dioretik, meningkatkan produksi air kemih, melancarkan darah haid serta membangkitkan gairah seks. Namun bawang bakung ini juga susahuntuk dicerna oleh tubuh.

Al-hakim’Apocrates’ bapak kedokteran Arab berkata ; sesungguhnya bawang bakung itu berkhasiat meningkatkan produksi air kemih, menetralisir perut, menyembuhkan penyakit TBC, kemandulan dan meningkatkan produksi air susu ibu, serta mengobati penyakin pada colon menghentikan penadarah pada hidung dan serangan asphyxia (sesak pada rahim).

Dawud Al-Anthaki berbicara seputar khasiat bawang bakung di dalam kitabnya At-Tadzkirah ;


  • Bawang bakung berkhasiat sebagai stimulan, membantu dalam proses pembentukan sel-sel hidup di dalam tubuh. Sangat berkhasiat bagi para penderita penyakit asma, batuk dan sembelit. Apalagi bawang bakung tersebut dipotong-potong kemudian dimakan mentah-mentah
  • Bawang bakung juga berkhasiat untuk meredakan peradangan pada tubuh, mengendorkan sel-sel syaraf yang tegang, menguatkan urat-urat syaraf, dan berkhasiat pula untuk menyembuhkan penyakit eppilepsi, peradangan pada persendian , penyakit-penyakit pada saluran kencing. Bawang bakung ini berkhasiat untuk meningkatkan produksi air kencing serta bermanfaat sekali untuk orang yang berbadan gemuk.

  •  Air perasan bawang bakung digunakan langsung bersama air susu yang dikentalkan sebagai pembersih wajah, untuk menghilangkan bintik-bintik, belang, kudis dan penyakit kulit lainnya. air perasan bawang bakung ini bila dicampur dengan biji gandum dan sedikit gula dapat digunakan sebagai lat kompress pada bisul-bisul suapay lekas matang dan pecah.

  • Bawang bakung berkhasiat untuk mengobati “anuria” (tidak terbentuk nya kemih atau urine oleh ginjal) dan iritasi pada kandung kemih, dengan cara ; bawang bakung ditumbuk halus yang telah direbus  dicampur dengan minyak zaitun secukupnya, kemudian diletakkan di bawah perut sebagai pemanas.

  • Daun-daun bawang bakung yang direbus berkhasiat sebagai pencuci dan pembersih macam-macam luka dan mempercepat proses kesembuhan juga dapat menghilangkan rasa sakit akibat sengatan serangga beracun.
link versi ebook khasiat bawang bakung dibawah ini
Khasiat bawang bakung untuk kesehatan
salam geneo-ebook.core