Khasiat tanaman tebu



Kita ketahui bahwa gula belum dibahas oleh para dokter dan pakar medis zaman dahulu, karena gula memang belum ada pada zaman mereka.yang ada pada saat itu hanyalah pembicaraan seputar madu saja.

tanaman tebu
Tanaman Tebu
Disebutkan di dalam Kitab Ath-Thibbun Nabawi karya Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah seputar khasiat-khasiat tanaman tebu, beliau berkata; Tanaman tebu itu bersifat panas dan basah, ia amat berkhasiat untuk menyembuhkan panyakit batuk, menghilangkan kelembapan dalam tubuh, kandung kemih serta rongga-rongga paru. Tanaman tebu itu lebih efektif untuk membersihkan perut dibandingan gula, di dalamnya terkandung zat yang berkhasiat untuk merdakan rasa mual dan muntah, melancarkan air seni dan meningkatkan daya seks. Affan bin Muslim Ash-Shaffar menuturkan “ Barang siapa yang menghisap tebu seusai makan, maka hari-harinya senantiasa diliputi kebahagiaan”.
Tanaman tebu ini berkhasiat menghilangkan parau pada organ dada dan tenggorokan. Sebagian orang lebih menyukai tebu dibandingkan dengan madu, oleh karena sedikitnya sifat panas dan kelembutannya. Ini merupakan pernyataan minor dan diskriminatif mereka terhadap madu. Karena sesungguhnya madu adalah makanan yang paling utama, sebab Allah SWT mensifatinya sebagai obat, sebagaimana firman-Nya “Dari perut lebah itu keluar minuman (Madu) yang bermacam-macam. Didalamnya terdapat obat yang memyembuhkan manusia” (An Nahl [16];69).

Bahkan para dokter dan ahli medis menyembuhkan bahwa khasiat-khasiat madu berlipat dari khasiat-khasiat gula, di antara khasiat madu; memperkuat perut dan memperhalus karakter, mempertajam penglihatan mata dan menghilangkan keremangan mata. Menyembuhkan kelumpuhan atau stroke, mati rasa pada wajah dan semua penyakit yang bersifat dingin yang disebabkan oleh kelembapan. Tebu akan mencabut kelembapan ini dari dalam tubuh dan dari semua bagian tubuh. Ia juga berkhasiat untuk melindungi kesehatan tubuh dan memberinya suhu hangat, serta meningkatkan vitalitas seks. Berkhasiat pula sebagai zat pengurai dan zat pembersih, membuka pori-pori keringat, membersihkan usus-usus, membunuh cacing-cacing, mencegah kebusukan dan kerusakan lainnya. ia pun berguna sebagai lauk atau lalapan yang penuh manfaat, sangat cocok untuk menghilangkan lendir dan dahak, berguna bagi orang lanjut usia, serta sangat berkhasiat bagi orang yang neniliki temperamental yang dingin. Pada intinya, tidak ada suatu makanan pun yang lebih bermanfaat bagi tubuh dan pengobatan yang dengannya diolah obat-obatan untuk menjaga stamina tubuh dan memperkuat lambung dan berkhasiat lain yang berlipat-lipat, maka di mana letak kedudukan gula dibandingkan khasiat dan keistimewaan madu? Atau bisakah mendekati atau hampir sama dengan madu ( tentu tidak)