Khasiat-khasiat medis buah anggur



Di antara khasiat-khasiat medis buah anggur disebutkan oleh Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah di dalam kitabnya Ath-Thibbun Nabawi adalah bahwasanya is merupakan salah satu buah yang paling baik dan paling banyak manfaat dan khasiatnya. Buah anggur itu dapat dimakan dalam keadaan basah dan kering, masih hijau atau sudah masak, anggur adalah buah bilamana berkumpul bersama buah-buahan, makanan pokok apabila bersanding dengan makanan pokok lainnya, lauk atau lalapan apabila bersama jenis-jenis lauk yang lain, obat apabila dijajarkan dengan obat-obatan, dan minuman apabila digabungkan dengan aneka minuman lainnya.
Sifatnya dalah karakter biji-bijian, penuh kalori dan basah. yang bagus adalah yang besar dengan kandungan airnya yang sangat banyak. Buah anggur yang berwarna putih lebih baik lagi kualitasnya dibandingkan dengan buah anggur yang berwarna hitam, apabila keduanya memiliki kadar kemanisan yang sama. Buah anggur yang telah dipetik dua hingga tiga hari, kemudian didiamkan itu lebih bagus khasiatnya dibandingkan buah anggur yang baru dipetik. Buah yang seperti ini berkhasiat sebagai pembersih perut yang sangat mujarab. Sementara buah anggur yang diagntung, sehingga kulitnya menajdi layu dan kusut, itu sangat baik sebagai makanan pokok dan berkhasiat untuk menguatkan stamina tubuh.
Konsumsi buah anggur ini sama seperti konsumsi buah tin mauoun buah anggur kering. Apabila biji di dalam buah anggur itu dibuang (saat mengkonsumsinya) maka hal itu akan lebih mempermudah proses percernaan, sedangkan banyak mengkonsumsi buah anggur dapat membuat kepala menjadi pusing untuk mengatsasinya berikut efek-efek negatif lainnya – adalah dengan cara mengkonsumsi buah delima yang masam. Adapun air rendaman dari buah anggur itu berkhasiat menjaga stamina tubuh, menggemukkan badan dengan gizi dan nutrisi yang baik.
Khasiat buah anggur merah
Buah Anggur merah
Bah anggur termasuk diantara tiga macam buah yang merupakan raja-rajanya buah yaitu buah kurma (ruthab = kurma yang matang dan basah), buah tin dan buah anggur.
Disebutkan di dalam ilmu kedokteran kuno, seputar khasiat buah anggur; ia berkhasiat dalam memperbaiki ginjal yang lemah, membersihkan darah kotor, menstabilkan temperamental jiwa, berkhasiat bagi kesehatan empedu serta mengatasi iritasi dan peradangan. Kuliat buah anggur dapatt menghasilakn cairan-cairan pekat didalam tubuh, begitu pula dengan bijinya. Buah anggur adalah zat pembersih dan pelembab saluran pencernaan dalam tubuh, dan membuka penyumbatan pada saluran organ ginjal dan limfa, mengobati penyakit-penyakit pada lambung dan syaraf-syaraf tubuh serta mengatasi iritasi pada khusus dan menyembuhkan sembelit. Sementara itu didalam air rebusan daun-daun tanaman anggur, terkandung khasiat-khasiat medis, diantaranya melancarkan air seni, dan pengakal sembeliy. Oleh karena itu rebusan daun-daun tanaman anggur ini diindikasikan berkhasiat dalam mengobati penyakit disentri, diare dan susah buang air kecil sera penyakit kuning (hepatitis).

Untuk lebih jelasnya bisa download
Khasiat buah anggur untuk kesehatan