Khasiat buah asem bagi kesehatan



khasiat buah asem
Buah asem
Pohon asem adalah jenis tanaman dari rumput kacang polong. Bagian atas berbuah, bentuknya menyerupai pohon delima. Pada buahnya terdapat kurang lebih 4 biji di dalamnya. Rasanya sangat masam. Buah asem dapat dimanfaatkan atau dapat pula dimasak di dalam air kemudian dijadikan minuman yang dipermanis dengan tambahan madu atau gula.

Khasiat buah asem
Dawud Al-Anthaki menyebutkan di dalam kitabnya At-Tadzkirah nya. Bahwa buah asem yang paling baik kualitasnya adalah yang berwarna merah. Lunak dan lembut, tidak ada kerusakan sama sekali, rasanya benar-benar masam dan tidak berserabut. Buah asem berkhasiat untuk menurunkan panas dalam tubuh dan gangguan pada kantong empedu. Ia juga berkhasiat meredakan gejolak dalam darah, perut mual dan muntah, dan kepala pusing yang tak tertahankan. Buah asem sangat besar khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit-penyakit demam. Sementara bijinya, buah asem apabila direbus dapat berkhasiat untuk mengobati gejala tumor dan demam.

Disebutkan juga, bahwa buah asem yang direbus kemudian di minum airnya, berkhasiat untuk melawan demam dan penyakit susah buang air besar, mengatasi perut mual dan muntah, menghilangkan rasa haus dan dahaga, menjaga kondisi perut yang lemah akibat sering muntah-muntah dan berkhasiat melancarkan saluran air empedu.
Air rendaman buah asem dapat ditambahkan pada susu dan khasiat-khasiatnya; membersihkan perut, menghilangkan keasaman yang berlebih, baik di dalam tubuh maupun otot-otot yang semakin menumpuk akibat dari kebiasaan meninggalkan aktivitas jalan, gerak tubuh dan juga olah raga. Ia juga berkhasiat bagi tubuh ketika pilek.

Khasiat buah asem untuk kesehatan