Menyingkap mitos wahabi karya Haneef James Oliver

Segala puji bagi Allah, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad s, keluarganya, dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan hingga hari kiamat.



Amma ba’d,

Alhamdulillah, setelah lebih dari satu tahun berencana menterjemahkan buku ini, akhirnya kami dapat menghadirkan kepada pembaca, The Wahhabi Myth, karya Haneef James Oliver. Buku ini oleh penulis disusun sebagai upaya untuk meluruskan kesalahpahaman yang telah menyebar begitu luas, mengenai penisbatan aksi-aksi teror kepada pemahaman Salaf atau yang lebih khusus diberi istilah Salafi “Wahhabi”. Kesalahpahaman ini tidak saja dipahami dan disebarkan oleh media asing (baca: Barat), akan tetapi juga di kalangan kaum Muslimin sendiri.



Sepanjang pembahasan buku ini, penulis menggunakan istilah “Wahhabi” dengan tanda petik, bukan untuk membenarkan penggunaan istilah tersebut, karena tidak seorang pun dari kaum Muslimin, khususnya yang berpegang teguh kepada manhaj Salaf, pernah menisbatkan dirinya pada istilah tersebut. Penggunaan “Wahhabi” di sini justru untuk menunjukkan poin yang dimaksudkan penulis kepada para pembaca, bahwa apa yang sebenarnya dijuluki “Wahhabiyyah” atau orang-orang yang disebut “Wahhabi itu tidak lain dari pemahaman yang berusaha mengimplementasikan prinsip dasar ajaran agama Islam, yakni tauhid, dan berusaha mengembalikan kemurniannya dari segala bentuk kesyirikan dan bid’ah dan khurafat di dalam agama. Melalui buku ini pula, pembaca diajak untuk mengetahui realitas di balik aksi-aksi teror serta organiasi yang berada di belakangnya.



Bagi sebagian besar kaum Muslimin, banyak istilah-istilah yang sudah lazim dan dapat dipahami tetap dicantumkan di dalam catatan kaki, mengingat buku ini tidak hanya ditujukan

kepda kaum Muslimin, tetapi lebih kepada non-Muslim untuk memudahkan mereka memahami isi dan maksud yang hendak disampaikan oleh penulis. Beberapa istilah dalam bahasa aslinya sengaja tidak kami terjemahkan, sebagian di antaranya kami sertakan dengan penjelasan ringkas.



Akhirnya, semoga buku ini dapat mendatangkan manfaat bagi kaum Muslimin, menepis segala tuduhan keliru dan menghilangkan keraguan terhadap mereka yang selalu dituding sebagai “Wahhabi”. Hanya kepada Allah kita memohon perolongan.
link download ebook disini : Menyingkap mitos wahabi
--
Diposting :
Geneo Ebook