Obat herbal dari akar kayu manis yang sangat menyehatkan



BAB : AKAR KAYU MANIS
Si Pembersih darah


Tanaman kayu manis adalah tanaman yang sering kita dengar dan diperjual belikan di jalan-jalan dalam bentuk minuman. Ia juga disebut Kayu Akar Manis. Tidak ada satu penduduk pun diantara penduduk-penduduk dunia ketiga ini yang tidak egetahuinya, dinatara salah satu ciri-cirinya antara lain bahwasanya tanaman kayu manis itu merupakan tanaman yang mempunyai umur panjang, ia bergantung pada tanah , menghujam ke dalam sehingga teras sulit untuk mencabutnya. Tanaman ini mempunyai akar-akaran dan juga buah. Akar-akaran banyak mempunyai khasiat, ia adalah sebuah tanaman yang digemari ular karena aromany wangi, dan terkadang menjadi tempat persembunyiannya. Ia dapat memakan buahnya yang berati memberi pasokan makanan.

Adapun bagian yang dimanfaatkan dalam medis dari tanaman kayu manis  yang dapat diambil manfaatnya adalah bagian akar-akarannya yang tebal. Ia merupakan akar-akaran yang mengandung zat gula, yang bila ditumbuk lalu direndam di dalam air , akan terhidanglah minuman akar kayu manis, yang sangat manis rasanya dan sedp untuk dipandang.

Khasiat akar tanaman kayu manis.

Akat tanaman kayu manis, mempunyai banyak khasiat dan manfaat Dawud Al-Anthaki berbicara seputar khasiat kayu manis. Ini;


Tanaman kayu manis berkhasita dalam menghilangkan noda putih mata bila dijadikan celak, menyembuhkan seluruh jenis penyakit dada dan batuk dengan segala macam bentuknya, ia juga berkhasiat untuk mengeluarkan dahak dan lendir secara sempurna, begitu pula khasiatnya dalam mengobati penyakit pada organ hati dan limpa. Ia pun berkhasiat dalam mengobati nyeri dan peradangan saat buang air kecil, memperlancar pengeluaran darah haid pada wanita dan air tanaman ini sangat berkhasiat dalam mengobati luka luar, melembutkan rongga paru-paru dan menjernihkannya, serta berkhasiat menyembuhkan penyakit paru-paru menyembuhkan penyakit wasir. Ia juga mempunyai khasiat sebagai pembersih setiap otot-otot tubuh, mengobati batuk kering dan penyakit asma, serta membasmi bakteri-bakteri di dalam organ perut, sementara  itu air perasan tanaman ini sangat berkhasiat dalam mengobati luka luar, melembutkan rongga paru-paru dan menjernihkannya, serta berkhasiat menyembuhkan penyakit paru-paru, tenggorokan dan peradangan pada perut.

Pemuka ahli medis, syaikh Ibnu Sina berkomentar seputar akar kayu manis ini dalam kitabnya Al Qanun Fi Ath-Thibb ;

Sesungguhnya air perasannya berkhasiat sebagai penyembuh luka-luka luar, ia memperhalus rongga paru-paru dan membersihkannya, berkhasiat dalam mengobati penyakit paru-paru dan tenggorokan, menjernihkan suara juga berkhasiat untuk meredakan rasa haus dan dahaga, karena kandungan airnya yang melimpah. Begitu pula khasiatnya dalam menyembuhkan peradangan pada organ perut, berkhasiat menghilangkan rasa nyeri kala buang air kecil, mengobati luka-luka pada organ ginjal dan kandung kemih, serta efektif sebagai pereda demam panas tinggi. Akar tanaman kayu manisdijadikan sebagai minuman untuk mengatasi kesulitan tubuh dalam mencerna makanan, juga pada saat kondisi lambung dan usus sedang mengalami luka (maag). Bahwasanya rendaman akan tanaman kayu manis ini sangat berkhasiat dalam memperkuat sel-sel darah dan membersihkan kannya, ia pun dimanfaatkan oleh orang-orang yang tengah menderita penyakit anemia. Akar tanaman itu mempunyai zat pelarut yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit radang pernafasan Bronchitis dan batuk. Ia juga memiliki efek khusus terhadap sel-sel pada organ hati ; yaitu memperkuat dan memperbaiki sel-sel tersebut. Sementara itu, bubuk akar kayu tanaman kayu manis yang ditumbuk halus digunakan dalam mengolahan kapsul-kapsul atau tablet di dunia farmasi. Adapun penambahan air perasan akar tanaman kayu manis ke dalam obat-obatan adalah berfungsi sebagai pemanis rasa. Sedangkan bubuk campuran dari akar tanaman kayu manis ini banyak diperjualbelikan di berbagai apotek.

Konsumsi air perasan akar tanaman kayu manis akan semakin sering dan banyak pada saat musim panas tiba, karena kelembapan dan kandungan airnya yang melimpah serta enak dipandang mata. Dan telah terbukti secara medis, bahwasanya nebgkonsumsi satu sendok teh bubuk akar tanaman kayu manis setiap pagi, dapat menyembuhkan luka pada lambung.

khasiat akar kayu manis dapat di download di link bawah ini

Geneo-Ebook.Core