Obat herbal dan khasiat bawang merah



Baru-baru ini harga bawang merah yang begitu mahal, ternyata khasiat bawang merah sungguh luar biasa bagi kesehatan. Sengaja uraian tentang bawang merah sedikit panjang, untuk menjelaskan kandungan bawang merah bagi kesehatan kita.

Khasiat-khasiat bawang merah


 Gambar Bawang merah

Bawang merah itu bersifat panas, di dalamnya terkandung kelembapan yang berkhasiat meningkatkan nafsu makan, memperkuat dan meningkatkan daya seksual, mengusir lendir dan dahak, mencegah gejala-gejala muntah melarutkan makanan sehingga menangkan penyakit susah buang air besar dan dan mengendorkan urat-uraf syaraf yang tegang. Di dalam bawang merah juga terkandung zat yang melancarkan aliran darah, oleh karena itu ia sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit stroke (pembekuan atau penggumpalan pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung).

Terlalau belebihan (overdosis) dalam mengkonsumsi bawang merah dapat mengakibatkan pandangan mata menjadi berkurang dan menyebabkan kepala menjadi pusing. Aroma bawang merah pun sangat menyengat, bawang merah juga mengandung unsur yang membantu organ pencernaan tubub dalam melarutkan makanan. Di dalam setiap 100 gram bawang merha mengandung 3600 vitamin A dan 28 mg vitamin C. Bawang merah dapat menguatkan lambung dan menolak gas beracun dalam tubuh. Bawang merah juga berkhasiat dalam memperindah dan meremajakan warna kulit, mengobati penyakit susah tidur yang muncul manakala seseorang dalam keadaan tegang dan panik (gangguan kejiwaan/psikologis).


Bawang merah juga berkhasiat membantu mempercepat proses tidur seseorang. Sementara itu, air dari bawang merah sangat berkhasiat dalam mengeringkan lendir yang menetes akibat penyakit batuk dan pilek, sedangkan rebusan bawang merah pun sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit batuk.
Bawang merah juga mengandung minyak yang cepat menguap yang berfungsi membersihkan tubuh dan unsur belerang (asam sulfat) dalam kadar yang cukup tinggi. Orang-orang zaman Mesir kuno telah lama memanfaatkan bawang merah untuk mengobati penyakit asma, juga untuk meredakan penyakirt epilepsi. Adapun luka-lukan terlebih yang bernanah dengan cara ; memanaskan bawang merah lalu diletakkan diatas luka tersebut. Dan juga minyak oles yang dicampur  dengan bawang merah akan sangat berkhasiat dalam membunuh bakteri-bakteri yang menggerombol seperti anggur, maupun mikroba-mikroba air, sebagimana ia juga berkhasiat dalam mebunuh mikroba diftery dan amoeba dysentry.
Bawang merah juga berkhasiat meningkatkan sirkulasi aktivitas organ-organ usus dalam perut, membersihkan bau mult, memperkuat ketahanan gigi, mengusir rasa dingin dalam dada serta meningkatkan produksi sperma dan mengobati penyumbatan urine.

Kandungan gizi dan nutrisi bawang merah

Pada bawang merah terdapat unsur-unsur gizi dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, misalnya protein dan karbohidrat, disamping itu juga kandungan mineral-mineralnya seperti zat besi,fosfor dan kalsium. Begitu juga komposisi vitamin-vitaminnya seperti vitamin A, B dan C. Bawang merah juga mengandung minyak yang mudah menguap dan tajam rasanya, serta serat-serat (fiber selulosa yang berfungsi meningkatkan produktivitas usus-ususu di dalam perut, ia juga mengandung zat glukosin, yang berfungsi menyeimbangkan kadar unsulin dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Mengingat bahwa, dalam mengkonsumsi bawang merah, tentu akan meninggalkan bau mult yang kurang sedap, yang dapat menyakiti perasaan orang lain di sekitarnya, maka rasululloh SAW telah bersabda , bahwa orang yang mengkonsumsi bawang merah maupun bawang putih, supaya menjauhi masjid, untuk sementara waktu. Dia dapat menghilangkan bau nya dengan cara dimasak (sebelum di makan) atau bau tidak sedap yang keluar dari mulut dapat dihilangkan dengan cara mengkonsumsi mint atau seledri. Disebutkan di dalam Kitab At-tadzikarah, karya Dawud Al-Anthaki bahwa bawang merah itu berkhasiat antara lain ;
  • Menghentikan produksi cairan-cairan pekat dari dalam tubuh yang merugikan seperti dahak dan lendir.
  • Meningkatkan nafsu makan dan seks, terutama yang dimasak dengan daging.
  • Menghilangkan penyakit kuning dan limpa.
  • Menghancurkan batu, pada penyakit batu atau batu ginjal.

Bawang merah sangat berkhasiat untuk otak kepala apabila ia dihirup serta menghentikan mata yang sering berair, mengobati gatal-gatal dan penyakit kudis (scabies) dengan cara dioleskan, apabila dicampur dengan buah murbei atau strawberry atau madu. Ia jugan sangat berkhasiat mengembalikan nafsu makan yang hilang jika dicampur dengan air cuka. Sedangkan mengkonsumsi dengan cara dibakar, berkhasiat untuk melembabkan , melicinkan dan memperbaiki usus.
Bawang merah juga dapat dimakan mentah-mentah bersama roti dan keju, atau dengan salat (lalapan) atau dengan lobak dan minyak zaitu atau dengan susu cair yang berasa masam dan roti cokelat.
Diantara khasiat-khasiat dari bawang merah lainnya adalah
Bahwasanya ia dapat digunakan sebagai tapal yang diletakkan diatas dada, guna mengobati penyakit batuk rejan, juga diletakkan di atas dada dan punggung guna mengobati radang paru-paru. Dan apabila diletakkan di atas daerah ginjal dan kantong kemih, berkhasiat menyembihkan penyakit susah buang air karena adanya penyumbatan pada kantong kemih. Begitu juga kalau diletakkan di atas telapak kaki, ia akan sangat berkhasiat mengobati penyempitan pada pembuluh-pembuluh urat syaraf tubuh. Apabila diletakkan di atas bisul-bisul dan sejenisnya, akan berkhasiat mempercepat proses pengeluaran nanah dari dalam bisul tersebut. Air perasan bawang merah dapat pula dimanfaatkan untuk meredakan rasa sakit pada ujung-ujung organ tubuh yang diamputasi. Ia juga dapat digunakan bersama campuran madu dalam kadar yang seimbang, sebagai obat tetes untuk mengobati cairan putih yang menimpa pada organ mata. Bawang merah yang ditumbuk halus kemudian dimasak dengan minyak zaitun, berkhasiat untuk mengobati payudara yang pecah-pecah, bisul-bisul dan semacamnya serta waisr. Potongan irisan-irisan bawang merah yang direndam, berkhasit sebagai pengusir cacing pada anak-anaka yang cacingan, dilakukan dengan cara : irisan-irisan bawang merah direndam dalam sedikit air sepanjang malam, pada pagi harinya rendaman itu disaring lalu diminumkan kepada sang anak setelah dicampurkan sedikt madu. Ini dilakukan berulang-ulang setiap pagi sehingga benar-benar efektit untuk menghilangkan cacing pada anak. Serangan penyakit asma yang seringkalikambuh, dapat pula diobati dengan cara; mengkonsumsi air bawang merah yang dicampur dengan madu dalam kadar yang sama, sebanyak satu sendok teh, setiap tiga jam sekali. Mengkonsumsi bawang merah juga berkhasiat untuk memperkuat organ-organ pencernaan tubuh dan membersihkan organ dalam perut. Ia pun berkhasiat dalam meredakan syarat-syaraf yang tegang, demikian juga berkhasiat untuk mengatasi urat-urat syaraf yang kejang, tekanan darah tinggi maupun rendah dan melawan kanker.
 Khasiat bawang merah dapat di download link dibawah
>>> Geneo-Ebook.Core<<<