Agama islam dan Politik

Ketika habis sholat, ada ceramah yang dilakukan oleh seorang ustad. Di dalam ceramah nya tersebut, si ustad mengatakan secara garis besar bahwa Agama islam tidak ada sangkut pautnya dengan politik apa lagi dengan partai politik. Karena di waktu masa Rosulullah dan sahabat tidak ada namanya partai politik, dan masalah ini masuk kategori furuqiyah.. (ini ane gak ngerti gan). Jadi umat islam tidak usah terlibat dalam demokrasi yang diikuti partai-partai politik.

Sekilas saya kok agak bingung, didalam Alquran memang tidak disebutkan "partai" namun dilihat dari partai-partai yang ada di Indonesia ada partai yang nasionalis (padahal bukan nasionalis beneran), ada yang partai berlandaskan pancasila dan ada partai yang sebagian besar berafiliasi dengan gerakan dakwah. Kesimpulannya dari ceramah sang ustad ini, ane jadi bingung... mana yang bener.

Coba-coba cari referensi, saya menemukan ebook ini. Semoga ini bisa membantu bagi anda-anda yang punya pemikiran seperti saya gan. Monggo di download

Agama islam dan Politik