Khasiat Habbah Sauda (Jintam Hitam) : obat penyembuh segala macam penyakit



HABBAH SAUDA(Jintan Hitam)
Obat Penyembuh Segala Macam Penyakit


Gambar. Pohon jintan hitam (habbah sauda)

Jintan hitam disebut juga sebagai “biji yang barakah” karena banyak manfaatnya dan khasiatnya. Kawasan asli dari tumbuhnya tanaman ini adalah di daerah semenanjung laut tengah, akan tetapi kemudian penanaman tanaman ini meluas hingga ke Asia Barat dan Afrika Selatan, juga sampai ke Eropa dan negara-negara Balkan (Eropa Timur). Nama habbah sauda ini disebut pula dengan syuniz di dalam beberapa hadist Nabi SAW. Adapun faedah dan khasiat dari biji habah sauda sudah diketahui oleh masyarakat sejak dulu kala. Habbah sauda di negara Yaman dinamakan dengan sebutan Al-Qahthah dan hampir sebagian besar penduduk bumi ini mengetahui apa itu tanaman habbah sauda sebenarnya.
Biji yang penuh barakah, di dalam ilmu kedokteran ala Nabi SAW
Disebutkan dalam kitab Ath-Thibbun Nabawi, karya Ibnul Qayyim Al Jauziyyah dari riwayat Ibnu Umar Bahwasanya Rasululloh SAW bersabda ; “Hendaklah kamu sekalian mengkonsumsi jintam hitam, karena sesungguhnya terkandung (obat) penyembuh dari segala penyakit, kecuali kamtian “ (HR. Ibnu Majah dan An-Nasa’i)
Dari riwayat Aisyah, bahwasanya beliau telah mendengar Rasululloh SAW bersabda ; “sesungguhnya jintam hitam ini adalah (obat) penyembuh segala macam penyakit, kecuali “kematian” (HR. Al-Bukhari).
Disebutkan pula dari riwayat Abu Hurairah bahwasnya beliau telah mendengar Rasullulloh  SAW bersabda ; “ sesungguhnya di dalam jintam hitam itu terdapat (obat) penyembuh segala macam penyakit kecuali “kematian”. (HR.Muslim)
Diriwayatkan anas bahwasanya rasululloh SAW apabilamenderita suatu penyakit, beliau meniupkan pada telapak tangan setangkup dari jintam hitam (syuniz), kemudian beliau pun meminumnya bersama dengan air dan madu. (HR. Ath-Thabrani di dalam Al-Mujam Al-Ausath)
Ibnu Qayyim Al-jauziyyah-semoga allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat kepadanya. Menuturkan Ilmu kedokteran Rasululloh SAW tidaklah seperti ilmu kedokteran para dokter dan ahli medis lainnya. Karena sesungguhnya ilmu kedokteran beliau SAW itu benar-benar yakin dan pasti, yang merupakan ilmu kedokteran ilahi, yang berasal dari wahyu allah SWT dan cahaya kenabian serta kesempurnaan akal. Adapun ilmu kedokteran lainnya hanyalah sebatas praduga, prasangka dan percobaab dan eksperimen semata. 

Untuk lebih jelasnya bisa download link dibawah ini


 


salam geneo-ebook.core