Riwayat perjuangan pahlawan nasional Kyai Abdul Halim


KATA PENGANTAR
Ketua Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia
Cabang Jawa Barat

Pada umumnya, tokoh-tokoh pergerakan terkem-kuka di Indonesia sudah diangkat menjadi pahlawan na-sional oleh Pemerintah RI. Namun, ternyata K. H. Abdul Halim, seorang ulama yang termasuk tokoh pergerakan, hingga kini belum diangkat sebagai pahlawan nasional. Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan, apa masalahnya? Atau jangan-jangan belum pernah diusulkan oleh siapa-pun.

Ketika membaca riwayat perjuangan K. H. Abdul Halim, yang ditulis oleh Saudara Miftahul Falah, S. S. ini, akan sangat jelas sebenarnya apa dan bagaimana per-juangan oleh ulama kelahiran Majalengka tanggal 26 Juni 1887 ini. Semasa hidupnya, K. H. Abdul Halim telah me-mimpin dan melakukan perjuangan melalui bidang poli-tik, ekonomi, dan pendidikan. Perjuangan pada masa penjajahan Belanda, dilakukan melalui Persjarikatan Oe-lama (PO), Sarekat Islam, dan PII. Pemikiran K. H. Abdul Halim yang sangat berharga adalah bagaimana membina keselamatan dan kesejahteraan umat dengan melakukan perbaikan yang meliputi delapan bidang (Al-Islah As-Samaniyah), yaitu: akidah, ibadah, pendidikan, keluarga, adat-kebiasaan, hubungan masyarakat (sosial), pereko-nomian, dan perbaikan umat. Dalam syiar Islam, Persja-rikatan Oelama juga menyelenggarakan tabligh, mener-bitkan majalah, dan brosur sebagai media organisasi.

Selain itu, ternyata K. H. Abdul Halim juga aktif se-bagai wartawan di berbagai media baik politik maupun dakwah dan telah menulis sembilan buah buku. Dalam buku-bukunya. K. H. Abdul Halim berusaha menyebar-kan pemikirannya yang penuh toleransi, menganjurkan untuk menjunjung tinggi akidah dan akhlak masyarakat serta tidak menolak untuk mengambil contoh kemajuan dari Barat. K. H. Abdul Halim, selain aktif di bidang poli-tik, ia juga berjasa di bidang pendidikan, terutama den-gan mendirikan Santi Asromo, yang merupakan pelopor pendidikan yang menggabungkan pelajaran agama, pela-

jaran umum, dan bekal keterampilan. Perjuangan mela-lui bidang ekonomi, dimulai K. H. Abdul Halim dengan mendirikan Hayatul-Qulub, yang mencoba melawan arus kapitalisme kolonial, mendirikan perusahaan perceta-kan, perusahaan tenun, dan pertanian.

Pada masa pendudukan Jepang, tahun 1944, K. H. Abdul halim diangkat menjadi anggota BPUPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Setelah Ke-merdekaan Indonesia diproklamasikan, K. H. Abdul Ha-lim terus berjuang melalui berbagai saluran. K. H. Abdul Halim sempat diangkat menjadi Bupati Majalengka dan memimpin rakyat untuk melawan NICA serta diangkat menjadi panitia penggempuran Negara Pasundan, yang merupakan negara boneka bentukan pemerintah koloni-al yang ingin menjajah Indonesia kembali. K. H. Abdul Halim juga diangkat sebagai anggota KNIP dan ikut hi-jrah ke Yogyakarta setelah Perjanjian Renville. Di Yogya-karta, K. H. Abdul Halim menjadi pelopor berdirinya Un-iversitas Islam Indonesia (UII).

Setelah pengakuan kedaulatan RI, K. H. Abdul Ha-lim kembali ke Jawa Barat dan pada tahun 1951 K. H. Abdul Halim terpilih sebagai anggota DPRD Tingkat I Ja-wa Barat. Kemudian tahun 1956 diangkat menjadi ang-gota Konstituante. Perjuangan K. H. Abdul Halim berak-hir saat ia meninggal dunia pada tangga 7 Mei 1962.

Demikian perjuangan K. H. Abdul Halim yang di-uraikan dalam buku ini. Jadi, jelaslah bahwa ulama besar ini sebenarnya telah berjasa besar bagi bangsa dan nega-ra ini sehingga layak untuk diangkat sebagai pahlawan nasional.

Buku ini agaknya dimaksudkan penulisnya untuk mendokumentasikan riwayat hidup seorang tokoh pe-juang serta warisannya yang terus dikembangkan hingga masa paling mutakhir, di mana salah seorang pewaris K. H. Abdul Halim, yaitu Ketua Umum PP PUI, Akhmad Her-ryawan, Lc., berhasil terpilih menjadi Gubernur Jawa Ba-rat pada Pilgub 13 April 2008.
Kiranya buku ini bermanfaat selain untuk mewa-riskan nilai-nilai kejuangan K. H. Abdul Halim kepada generasi penulis, juga dapat menjadi sumbangan untuk memperkaya historiografi Indonesia, khususnya dalam bentuk biografi tokoh.

Bandung, 1 Juni 2008
Prof. Dr. Hj. Nina H. Lubis, M. S.

Berikut ebook secara lengkap dapat di download link dibawah ini