Khasiat-khasiat gandum untuk kesehatan



 Khasiat-khasiat yang terkandung dalam gandum

gambar. gandum

Gandum adalah tanaman yang pertama yang diketahui manusia dikarenakan ia menu makanan poko terlama bagi manusia. Adapunorang yang pertama kali menggunakan gandum dalam pengobatan-pengobatan adalah “Abocrates”, dia menggunakan masakan gandum dalam mengobati peradangan – peradangan, deman dan obat pereda rasa sakit. Gandum adalah tanaman rakyat yang melimpah jumlahnya dan murah harganya. Ia dimanfaatkan oleh manusia sebagai menu makanan pokok , dengan diolah terlebih dahulu menjadi roti. Gandumpun dimanfaatkan oleh binatang ternak, sebagai makanan.

Gandum di dalam ilmu kedolteran ala Nabi SAW

Rasululloh SAW memberi nasehat kepada sahabatnya supaya mengkonsumsi gandum, hal ini banyak beliau SAW kemukakan dalam banyak sabda, diantaranya diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam kotab sunan nyadari hadist sayyidina Aisyah , bahwasanya beliau berkata ;Adalah Rasululloh SAW apabila mendapati apabila mendapati seseorang dari keluarganya (isterinya) sedang tidak enak badan (sakit) , maka beliau suruh memasak semangkuk (sup) dari (bahan) gandum , setelah itu beliau menyuruh mereka untuk meminum (mengkonsumsinya) Kemudian beliau bersabda sesungguhnya (sup kuah) gandum itu berkhasiat untuk memperkuat hati yang lemah (sedih) , menyingkap (mengobati) hati yang sakit sebagaimana seseorang di antara kalian menyingkap kotoran dari wajah kalian dengan air”
Di dalam ash-Shahihain diriwayatkan dari hadist Urwah alaisalam, dari Aisyah bahwasanya apabila ada seseorang yang meninggal dunia dari keluarganya, kemudian para perempuan berkumpul dan selang beberapa lama kemudian mereka pulang hingga tinggal sanak keluarga dan orang-orang terdekat saja. Kemudian beliau menyuruh untuk menyediakan satu periuk sup dari gandum, lali dimasak. Kemudian dibuatkan tsarid (potongan roti yang diairi kuah dengan ditambah daging) yang selanjutnya dituangkan sup gandum tadi di atasnya, beliau berkata “Makanlah sup gandum ini, karena sesungguhnya aku telah mendengar Rasululloh SAW pernah bersabda ; “sup gandum ini melegakan hati orang yang sakit, dan menghilangkan kesedihan”.
Didalam as-sunan disebutkan dari hadist Aisyah ; bahwa beliau berkata ; Rasululloh SAW bersabda ; Hendaklah kamu sekalian mengkomsumsi (makanan) yang dibenci namun penuh manfaat sup gandum” Aisyah kembali menunturkan Adalah rasululloh ; apabila ada seseorang keluarganya (isterinya) mengadu kepada beliau karena sakit, periuk olahan gandum masih saja berada dipanggang diatas api, hingga salah satu dari dua ujung sesuatau berakhir, maksudnya sampai datang salah satu ketetapan, sembuh atau meninggal.
Sayyidah Aisyah menuturkan , bahsasanya rasululloh SAW apabila diberitahu mengenai seseorang yang menderita sakit dan tidak mau makan, beliau bersabda, “Hendaklah kamu sekalian membuat sup gandum, minumkan kepadanya...” rasululloh juga pernah bersabda “Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya sesungguhnya (sup/kuah gandum itu) berkhasiat membersihkan perut seseorang di antara kalian sebagaimana seseorang di antara kalian membersihkan wajahnya dari kotoran.” (HR. An-Nasai, at-Tirmidzi dan Akhmad)

Khasiat-khasiat gandum

Gandum dimanfaatkan dengan cara dimasak sebagai obat penyembuh peradangan dan demam-demam, semetra itu air bekas air memasak gandum mempunyai khasiat medis, menyembuhkan penyakit batuk dan tenggorokan yang serak-serak. Sangat baik untuk menetralkan bau keringat yang tajam, melancarkan air kencing, membersihkan lambung , pereda rasa haus dahaga serta memadamkan panas dalam tubuh. Gandum juga berkhasiat sebagai pengendor sekaligus penguat-penguat urat syaraf yang efektif. Pembaharu kekuatan tubuh, meningkatkan vitalitas kerja organ hati, menurunkan tekanan darah tinggi, serta berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diare.
Gandum diindikasikan dapat menyembuhkan penyakit TBC, daya tahan tubuh yang melemah, dan pertumbuhan tubuh yang lambat. Ia juga berkhasiat sekali bagi orang yang memiliki organ perut, usus-usus dan hati yang rentan penyakit. Iapun berkhasiat menyembuhkan peradangan dan iritasi pada kantong kemihdan juga ginjal dengan cara memasak 30-50 gram gandum dalam satu liter air, masak selama kurang lebih 20 menit, kemudian di saring dan diambil airnya, lalu digunakan sebagai minuman dan pelarut. Adapun kulit gandum dapat digunakan untuk mencuci dan membersihkan luka-luka yang bernanah.

Komposisi gizi gandum

Setiap 100 gr gandum mengandung 12,1 gr protein, 1 gr lemak, 73,4 gr karbohidrat, 43 mg vitamin B dan mineral-mineral 38 mg kalsium, potasium, zat besi, fosfor dan air (hidrogen).

Download ebook khasiat-khasiat yang terkandung dalam Gandum dapat di download bentuk PDF di bawah ini.


salam Geneo-Ebook.Core